Informasi Penting!

Ad . https://www.bikinmudah.com/pasang-iklan-gratis

Pasang Iklan Gratis Di Google Langsung Tayang!

Tampilkan bisnis Anda di Google & Tingkatkan Pendapatan Anda. Pasang Iklan Produk, Jasa Dan Bisnis anda secara Gratis Langsung Tayang Di Google hanya di #BikinMudah.com

Ad . by: https://ads.google.com/
Ad . https://www.konveksijogja.my.id/konveksi-jasa-sablon-kaos-jogja - 087899816805

Konveksi Berkelas Harga Murah Di Jogja

Mau bikin kaos, polo, kemeja, jaket, rompi, topi sablon atau bordir? Di Konveksi Jogja Aja!


Arti Manajemen Keuangan Adalah? Penjelasan Lengkap Tentang Fungsi Dan Tujuan Manajemen Keuangan Bisnis

Manajement Keuangan Bisnis Indonesia. Apa sih arti manajemen keuangan, serta apa fungsi, tujuan, dan ruang lingkup manajemen keuangan pada Usaha

G-bisnis.com - Management keuangan ialah hal yang sangat penting dalam setiap bisnis/usaha. Kenapa suatu organisasi atau perusahaan perlu memiliki manajemen keuangan? Karena jika suatu perusahaan tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik dan terstruktur maka akan tidak dapat mengendalikan dana keuangan dengan baik. Bahkan bisa saja tanpa manajemen keuangan akan mengalami kegagalan/kerugian pada bisnis.

Tentu saja untuk memahami dan mengaplikasikan management keuangan yang baik dalam penggunaan/pemakaian dana, anda harus benar-benar memahami tentang manajemen keuangan ini baik arti, fungsi serta tujuan dari adanya manajemen keuangan.

Perlu di ketahui bahwa begitu berharganya management keuangan untuk sebuah usaha. Oleh karena itu g-bisnis.com pada artikel ini akan mengulas apa sih pengertian management keuangan, Apa fungsi dan tujuannya serta apa saja ruangan lingkup dan perannya pada suatu organisasi/perusahaan. Yuk simak artikel ini sampai selesai agar anda dapat memahami betul tentang management keuangan.

1. Pengertian Manajemen Keuangan

Arti Manajemen Keuangan Adalah? Penjelasan Lengkap Tentang Fungsi Dan Tujuan Manajemen Keuangan Bisnis

Manajemen berawal dari bahasa Prancis yang memiliki arti seni mengendalikan dan melakukan. manajemen memiliki arti sebagai sebuah proses rencana, koordinasi, pengoordinasian dan pengaturan sumber daya untuk capai target (goals) secara efisien dan efektif. Sedang secara luas, manajemen memiliki arti sebuah proses rencana, koordinasi, pengoordinasian dan pengaturan sumber daya untuk mencapai target atau arah secara efisien dan efektif.

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan/aktivitas suatu organisasi/perusahaan dalam merencanakan, memeriksa, mengendalikan dan mengelola anggaran dana masuk dan keluar serta mencari dan menyimpan sumber dana yang di miliki oleh suatu perusahaan/organisasi. (sumber: wikipedia.org)

Manajemen keuangan juga mencangkup tentang bagaimana cara mendapatkan pendanaan modal, cara menggunakan dana serta bagaimana mengelola aset agar dapat mencapai tujuan utama organisasi/perusahaan. 

Definisi Manajemen Keuangan Menurut Para Pakar/Ahli

  1. Menurut Liefman : Manajemen Keuangan sebagai usaha untuk menyiapkan uang dan memakai uang untuk mendapatkan aktiva.
  2. Menurut Erlina, SE : Manajemen keuangan sebagai manajemen pada beberapa fungsi keuangan. Beberapa fungsi keuangan itu mencakup bagaimana mendapatkan dana (raising of fund) dan bagaimana memakai dana itu (allocation of fund).
  3. Menurut Depdiknas : Manajemen keuangan sebagai kegiatan pengurusan ketatausahaan keuangan yang mencakup pendataan, rencana, penerapan, pertanggungjawaban dan laporan keuangan.
  4. Menurut Prawironegoro : Rutinitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk mendapatkan modal yang semurah-murahnya dan memakai seefektif, seefisien, dan seproduktif mungki untuk mendapatkan keuntungan.
  5. Menurut Suad Husnan : Manajemen Keuangan adalah manajemen pada beberapa fungsi keuangan.
  6. Menurut Bambang Riyanto : Keseluruhan pada rutinitas perusahaan yang terkait dengan usaha memperoleh dana yang dibutuhkan dengan ongkos yang minimum dan persyaratan yang paling memberikan keuntungan pada suatu usaha untuk memakai dana itu se-efisien mungkin.
  7. Menurut Agus Sartono : Manajemen keuangan bisa disimpulkan sebagai manajemen dana baik yang terkait dengan pendistribusian dana dalam bermacam-macam investasi secara efisien atau usaha penghimpunan dana untuk pendanaan investasi atau pembelanjaan secara efektif. (2001:6)
  8. Menurut JF Bradley : Manajemen keuangan ialah sektor manajemen usaha yang diperuntukkan untuk pemakaian model secara arif dan penyeleksian yang cermat dari sumber modal untuk memungkinkannya unit pengeluaran untuk mengarah ke arah capai maksudnya.
  9. Menurut Brigham dan Houston yang ditranslate oleh Dodo, H. Dan Herman, W. yakni "Manajemen keuangan sebagai sektor yang terluas dari 3 sektor keuangan, dan mempunyai peluang karier yang paling luas"
  10. Menurut Grestenberg : how business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how the use them and how the prof ts business are distributed (Translate to indonesia: Bagaimana bisnis diatur untuk memperoleh dana, bagaimana mereka memperoleh dana, bagaimana menggunakannya dan bagaimana bisnis laba didistribusikan)
  11. Menurut Sutrisno : Manajemen Keuangan ialah Sebagai semua rutinitas perusahaan dengan usaha-usaha memperoleh dana perusahaan dengan ongkos yang murah dan usaha untuk memakai dan membagikan dana itu secara efektif. (2003:3)
  12. Menurut J. L. Massie : Manajemen keuangan ialah aktivitas operasional usaha yang bertanggungjawab untuk mendapatkan dan memakai dana yang dibutuhkan untuk sebuah operasi yang efisien dan efektif.
  13. Menurut Weston dan Copeland yang ditranslate oleh Jaka, W. dan Kirbrandoko yakni sebagai berikut ini: "Manajemen keuangan bisa dirumuskan oleh peranan/fungsi dan tanggung jawab beberapa manager keuangan. Fungsi/Peranan dasar manajemen keuangan diantaranya tersangkut keputusan mengenai penanaman modal, pendanaan aktivitas usaha dan pembagian deviden dalam satu perusahaan"
  14. Menurut Sonny, S. (2003). Manajemen keuangan ialah rutinitas perusahaan yang terkait dengan bagaimana mendapatkan dana, memakai dana, dan mengurus asset sesuai arah perusahaan secara detail.
  15. Menurut Howard dan Upton : Manajemen keuangan ialah implementasi peranan rencana dan pengaturan peranan keuangan.
  16. Menurut James Van Horne : Manajemen Keuangan ialah semua rutinitas yang terkait dengan pencapaian, permodalan dan pengendalian aktiva dengan arah lengkap.
Nah di atas adalah definisi dari manajemen keuangan oleh para ahli  yang di kutip dari www.ekonomimanajemen.com sebagai refrensi dan informasi tambahan tentang makna manajemen keuangan.

Definisi Manajemen Keuangan Syariah

Dalam manajemen keuangan di Indonesia ada manajemen keuangan yang cukup sering dipakai yakni manajemen keuangan syariah. Berkaitan dengan warga di Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, pengendalian atau menajemen keuangan syariah diperlukan agar bisa sesuaikan dengan beberapa prinsip dalam Agama Islam.

Manajemen Keuangan Syariah ialah pengendalian keuangan dengan arah tertentu dengan memerhatikan beberapa prinsip seperti langkah mendapatkannya, cara menggunakannya dengan berdasar pada konsep syariah dalam Agam Islam.

2. Fungsi Manajemen Keuangan

Setidaknya ada 5 fungsi dari manajemen keuangan di antaranya adalah sebagai berikut

A. Planning (Rencana Keuangan)

Manager keuangan bertanggungjawab untuk merencanakan dan memprediksi keperluan keuangan Organisasi/perusahaan. Ia perlu memberikan detail secara rinci berkenaan jumlahnya uang yang bakal diperlukan untuk beli asset yang lain untuk perusahaan/organisasi.

Manajemen lewat manager keuangan perlu dan wajib mengetahui apa yang saja yang akan di keluarkan untuk modal kerja dan asset perusahaan. Pekerjaan penting lain dari manager keuangan ialah membuat gagasan yang nantinya bertujuan agar dana perusahaan dapat berkembang. Rencana keuangan ini mencakup rencana cash flow dan keuntungan rugi perusahaan

B. Budgeting (Penetapan Anggaran Modal)

Perencanaan serta pengalokasian Dana (anggaran) secara efisien serta memaksimalkan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Di mulai dari menyusun apa saja yang akan di butuhkan oleh perusahaan sebagai investasi jangka panjang agar memberikan keuntungan hari esok untuk perusahaan.

C. Controlling atau pengaturan keuangan. 

Controling keuangan meliputi evaluasi penilaian dan pembaruan berkenaan keuangan dan mekanisme keuangan perusahaan

D. Auditing atau pengecekan keuangan

Melakukan audit intern berdasar keuangan perusahaan yang ada agar sesuai aturan standard akuntansi dan tidak ada penyelewengan anggaran.

E. Reporting atau laporan keuangan

Membuat laporan info tentang keadaan keuangan perusahaan dan analisis rasio laporan keuangan.

Seorang manager keuangan mempunyai tanggung jawab yang besar sekali tentu saja pada apa yang telah dilakukan. Ambil keputusan keuangan sebagai tanggung jawab seorang manager keuangan dipisah jadi tiga, yakni:
  1. Investment decision: terkait dengan permasalahan penyeleksian investasi yang diharapkan dari satu organisasi di kesempatan yang ada dengan pilih satu ataupun lebih alternatif investasi yang di nilai mempunyai keuntungan.
  2. Financing decision: terkait dengan persoalan penyeleksian bermacam-macam sumber dana yang ada buat lakukan investasi dengan pilih satu ataupun lebih alternatif pembelanjaan yang memunculkan ongkos termurah
  3. Dividend decision: terkait dengan permasalahan penetapan besarnya prosentase dari keuntungan yang bakal dibayar sebagai dividen tunai ke beberapa pemegang saham.

Tujuan Manajemen Keuangan

Ada tujuan atau argumen perusahaan mengaplikasikan taktik manajemen ini untuk tumbuhkan usaha mereka. Berikut maksudnya :

1. Maksimalisasi Keuntungan

Alasan kenapa organisasi/perusahaan memperkerjakan seoarang manager keuangan ialah untuk mengoptimalkan keuntungan sekaligus mengurus keuangan perusahaan. Keuntungan dapat diperoleh dalam periode pendek atau periode panjang.

2. Mobilitas Keuangan yang Benar

Dana yang di kumpulkan di gunakan untuk memulai usaha sebagai sisi pokok dari sebuah mekanisme manajemen keuangan yang penting diatasi manager dengan tepat.

Sesudah manager mengaitkan perkiraan jumlah yang diperlukan untuk proses usaha, jumlah yang dibutuhkan selanjutnya bisa disuruh dari sumber hukum apa saja seperti surat utang, saham, atau bahkan juga keinginan utang bank. Tapi pokoknya ialah jika harus ada kesetimbangan yang pas di antara uang yang dipunyai perusahaan dan jumlah yang dipinjamkan.

3. Keberlangsungan Perusahaan

Keberlangsungan hidup perusahaan sangatlah penting. Manager harus membuat keputusan keuangan yang ideal untuk pastikan perusahaan sukses kedepan.

4. Pengaturan Manajemen Yang Baik

Harus ada pengetahuan dan korporasi yang pas di antara bermacam departemen. Departemen keuangan harus pahami dan sepakat dengan departemen lain dalam perusahaan supaya usaha berperan secara lancar.

5. Turunkan Biaya Modal

Manager keuangan coba yang terbaik untuk kurangi ongkos modal, yang disebut suatu hal yang penting untuk usaha. Mereka pastikan uang yang dipinjamkan menarik sedikit suku bunga hingga perusahaan bisa mengoptimalkan keuntungan.

Ruangan Cakupan pada Manajemen Keuangan

Seperti sudah diterangkan tentang manajemen keuangan di atas sebagai usaha untuk mengurus asset perusahaan, karena itu manajemen ini mempunyai ruang lingkup khusus yang perlu dimengerti dengan seorang manager adalah:

1. Keputusan Permodalan

Ini meliputi semua peraturan yang terkait dengan memperoleh dana seperti peraturan untuk mengeluarkan obligasi atau peraturan untuk mendapati hutang periode pendek dan periode panjang. Dana yang diartikan bisa mengambil sumber dari sumber intern dan external perusahaan.

2. Keputusan Investasi

Semua berkaitan dengan pembangunan peraturan untuk investasi seperti asset masih atau fixed assets. Modal dapat berbentuk tanah, bangunan atau infrastruktur, terhitung mesin produksi. Investasi bisa juga berbentuk asset keuangan seperti surat bernilai, saham dan obligasi.

3. Keputusan Manajemen Asset

Peraturan yang terkait dengan manajemen asset secara efektif untuk capai tujuan perusahaan.

Kesimpulan Tentang Managemen Keuangan

Manajemen Keuangan penting untuk perusahaan mana saja, baik kecil atau besar. Ini ibarat garis hidup usaha. Ini sebagai rutinitas penting yang perlu dilaksanakan dalam organisasi mana saja.

Tetapi, mekanisme manajemen ini membutuhkan proses rencana, koordinasi, pengawasan dan pengaturan sumber daya keuangan satu organisasi. Ide untuk lakukan itu ialah agar bisa capai misi atau tujuan perusahaan pada rangka saat yang ditetapkan.

Dalam kata lain, pemakaian dana usaha penting. Itu argumen mengapa mekanisme manajemen keuangan seperti ruangan mesin perusahaan dan bisa mempengaruhi tiap departemen yang lain bila tidak diatasi secara benar.
Search Keyword : manajemen keuangan pdf, manajemen keuangan keluarga, manajemen keuangan bertujuan, manajemen keuangan bisnis, manajemen keuangan, manajemen keuangan internasional, manajemen keuangan adalah, manajemen keuangan syariah, manajemen keuangan adalah, fungsi manajemen keuangan adalah, manajemen keuangan syariah adalah, manajemen keuangan adalah pdf, manajemen keuangan adalah ilmu, manajemen keuangan adalah jurnal, manajemen keuangan internasional adalah, tujuan manajemen keuangan adalah.
Keuangan
Digibost Media
Digibost Media adalah bagian dari PT. Bosindogroup Indonesia yang merupakan jasa pembuatan website, Jasa SEO website dan Konveksi berpusat di Yogyakarta.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Have a Business Location Recommendation? Please write in the comments column.
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.